Minggu, 08 Mei 2011

PMI Akan Bikin Pabrik Kantong Darah





Shutterstock Ilustrasi

MAGELANG – Palang Merah Indonesia (PMI) akan segera mendirikan pabrik kantong darah di Jawa Timur. Pabrik dengan kapasitas produksi mencapai 2 juta kantong darah per tahun ini diharapkan bisa beroperasi tahun 2012.

Kabid Organisasi PMI pusat Dr dr Hj Ulla Nurchrawaty Usman mengatakan, selama ini Indonesia masih mengimpor kantong darah dari negara kecil (Singapura). Padahal jumlah penduduk Indonesia jauh lebih banyak dibanding Singapura.

"Kita impor sejak PMI berdiri. Oleh sebab itu, ke depan kita ingin mencukupi kebutuhan sendiri bahkan harus bisa ekspor ke mancanegara," katanya seusai membuka Musyawarah Provinsi PMI Jawa Tengah di Magelang, Jumat (6/5/2011) lalu.

Menurutnya, kebutuhan akan kantong darah di Indonesia sekitar 2 juta kantong per tahun, tetapi sejauh ini baru terealisasi sekitar 1,6 juta kantong. Meski demikian, kata Ulla, kekurangan tersebut tidak memberikan dampak negative terhadap kekurangan kantong darah. Tetapi justru orang yang berdonor darah yang masih kurang.

"Kadang-kadang masyarakat yang butuh darah datang ke PMI namun stok habis, sebetulnya bukan tidak ada tetapi darah penggantinya yang tidak ada," lanjut Ulla.

Hingga saat ini rencana pendirian pabrik kantong darah tersebut telah melalui proses yang patut dan pantas serta tinggal pelaksanaannya saja. "Kami membuka kesempatan kepada publik, siapa yang mau bersama-sama PMI untuk ikut dalam proyek ini, karena ini akan sangat membantu masyarakat," katanya tanpa merincikan nominal anggaran yang dibutuhkan.

Pada kesempatan tersebut, Ulla juga menyampaikan bahwa PMI pusat menetapkan PMI Jawa Tengah di bawah pimpinan Sasongko Tedjo sebagai PMI terbaik di Indonesia. Penilaian ini didasari beberapa pertimbangan seperti kapasitas organisasi, serta program kerja dan kemampuan relawan dalam meningkatkan pelayanan. Ia juga menyebutkan ada 5-6 PMI provinsi di Indonesia yang memiliki kinerja kurang baik sehingga harus mendapat perhatian.

"Kita punya standar penilaian dari paling rendah merah, kemudian kuning dan terbaik hijau. Nah Jateng ini hijau semua. Jateng is the best," puji dia./kompas.com

aneh92 08 May, 2011


--
Source: http://aneh92.blogspot.com/2011/05/pmi-akan-bikin-pabrik-kantong-darah.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com





0 komentar


GAMBARKAN EKPRESIMU !!!
teks unik | teks ABG | teks terbalik | google translete | om google



:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t :u :v :w :x :y :z ;a ;b ;c ;d ;e

LAPORKAN !!! jika komentar bermuatan SARA, mencaci maki komentator lain, atapun melakukan SPAM. klik disini

(moderator)


Poskan Komentar

Artikel Terkait



Daftar Isi Blog