Rabu, 19 Oktober 2011

PBB Larang Penggunaan Isolasi





Foto : Kurungan isolasi (unchainedbooks)
Foto : Kurungan isolasi (unchainedbooks)
NEW YORK - Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, pemerintah di setiap negara harus melarang penggunaan kurungan isolasi bagi para narapidana dan penyandang cacat.

Utusan khusus PBB Juan Mendez mengatakan pada Majelis Umum PBB, kurungan isolasi yang ada di setiap penjara sangat bertentangan dengan metode rehabilitasi tahanan yang tinggal di penjara.

"Pemisahan, isolasi, penguncian atau apa pun yang berkaitan dengan kurungan soliter tidak boleh digunakan oleh setiap negara sebagai bentuk hukuman," ujar Mendez, seperti dikutip AFP, Rabu (19/10/2011).

Mendez juga menambahkan, para narapidana yang sudah menjalani proses isolasi selama 15 harus dibebaskan karena metode itu akan merusak mentalnya. Mendez mengatakan, praktik ini boleh dilakukan dalam waktu yang sesingkat mungkin dan prosedur penjagaan terhadap narapidana harus dilakukan.

Kurungan isolasi merupakan sebuah sel yang akan mengisolasi narapidana agar dirinya tidak mengalami kontak dengan orang lain, kecuali dengan para petugas sipir penjara. Para narapidana yang masuk ke sel ini umumnya mendapatkan sebuah sanksi atau hukuman yang cukup berat.

Penahanan narapidana di sel ini pun sering dianggap sebagai tindakan penyiksaan karena besar kemungkinannya, narapidana akan mengalami gangguan kejiwaan saat dirinya dikurung di sel isolasi itu.(rhs)







0 komentar


GAMBARKAN EKPRESIMU !!!
teks unik | teks ABG | teks terbalik | google translete | om google



:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t :u :v :w :x :y :z ;a ;b ;c ;d ;e

LAPORKAN !!! jika komentar bermuatan SARA, mencaci maki komentator lain, atapun melakukan SPAM. klik disini

(moderator)


Poskan Komentar

Artikel Terkait



Daftar Isi Blog