Selasa, 03 Mei 2011

KULINER (betawi poenye gaye)





sekilas ketika gw mengenang kota kelahiran dan yg membesarkan gw,
sepintas gw inget kuliner atau makanan khasnya yang susah banget utk gw dapetin di kota-kota lain.
betawi poenye gaye , emang ibukota indonesia ini banyak berbau negatifnya dari mulai polusi,banjir,sampai korupsi mewarnai kota tercinta gw ini.
tapi banyak hal positif yg gw dapet selama hidup 17tahun disono,
seperti kulinernya nyang bikin gw kangen berat.

langsung aja gan berikut sedikit kuliner2 betawi yg gw inget, cekidot gan.

1.kue tete

Spoiler for yang asli:

kenapa sih namanya unik bgt?
ya karena penampakan kuenya emang seperti te*e gan,mau gimana lagi?
rasa-nya manis gan(jgn diambigukan), renyah dan kenyal2 gitu, asli gak bohong gw.
harga-nya dulu seceng dapet 3 (5tahun yg lalu)

2.kue rangi
Spoiler for kue rangi:

ini salah satu kue favorit gw gan..
dengan gula yg menumpuk diatasnya membuat rasa kue ini manis banget, klo kebanyakan gw dulu bisa sakit gigi.
cara pembuatan-nya hanya dengan meletakkan adonan diatas pemanas gitu gan, ditaburi gula merah yg sudah cair an ditunggu bbrp menit langsung siap saji.
kalo gak salah sekitar 7 tahuh yg lalu, harga kue rangi satunya gope .

3.kue cincin
Spoiler for kue cincin:

karena bentuk-nya menyerupai cincin (bulat dan bolong pada bagian tengahnya) menyebabkan masyarakat betawi menyebutnya dengan kue cincin.
rasa-nya pun manis hapir sama dengan kue2 yang lainnya.
harga kue ini relafit murah gan, tergantuk besar bentuknya.
klo yg kecil dulu gw beli 1000 dapet 10biji, tapi klo yg besar mah 1000 paling dpt 2biji.

4.kue cucur
Spoiler for kue cucur:

kue ini emang bukan asli punya betawi gan,
tapi karena kue ini familiar bgt di daerah betawi jd gw masukin ini kue termasuk salah satu ciri khas betawi.
bicara soal rasa mah, ini kue mantep bgt. manis poll dari bagian pinggir ape bagian daging ditengahnya.
harga-nya juga gak mahal2 banget, untuk ukuran sedang gw beli 1000/biji.

5.dodol betawi
Spoiler for dodol betawi:

bicara dodol pasti langsung bicara garut.
tapi dodol yg ini beda gan,
liat dari bentuk dan penampakannya yg berbeda dari dodol yg lain.
klo soal rasa, dodol betawi bisa dibilang paling manis dari dunia perdodolan yg ada di indonesia.
hargan-nya lumayan mahal gan untuk ukuran kue, sekitar 1500/biji.

6.geplak bakar
Spoiler for geplak bakar:

untuk kue nyang satu ini, gw gak bisa berkata apa-apa, karena emang kue ini kurang mantap buat gw alias kurang doyan.
harga sekitar 2000/biji, mahal ya gan.

7.kerak telor
Spoiler for kerak telor:

Sekilas kerak telor ini bentuknya memang mirip telur dadar. Namun jangan salah karena rasanya jauh berbeda. Terbuat dari ketan putih, telur bebek, ebi, dan kelapa sangrai jajanan khas Betawi nan langka ini patut dilestarikan!
Rasanya? Hmm... gurih-gurih enak!pokoknya mantep bgt dah.
harga relatif gan, tergantung ukuran dan kadar bahannya.


sekian gan, info dari gw.
semoga bisa sedikit mengingatkan lo semua tentang ibukota tercinta kita ini.
dan bagi yg punya refrensi dimana bisa dapetin kue2 tersebut, bisa berbagi info disini karena kue2 tersebut sudah sulit untuk didapatkan







0 komentar


GAMBARKAN EKPRESIMU !!!
teks unik | teks ABG | teks terbalik | google translete | om google



:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t :u :v :w :x :y :z ;a ;b ;c ;d ;e

LAPORKAN !!! jika komentar bermuatan SARA, mencaci maki komentator lain, atapun melakukan SPAM. klik disini

(moderator)


Poskan Komentar

Artikel Terkait



Daftar Isi Blog